Kelebihan dan Kekurangan mesin Diesel

Mesin Diesel

Mungkin masih banyak diantara kita yang belum ada yang tahu tentang mesin diesel pada kendaraan. Kali ini kita akan mencoba membahas kelebihan dan kekurangan dari mesin diesel bersama Training Center Head Isuzu Astra Motor Indonesia Reiner Tandiyono.

Menurutnya, kelebihan dari mesin diesel itu sendiri meliputi mesin diesel mempunyai efisiensi panas yang lebih besar. Hal ini berarti bahwa penggunaan bahan bakarnya lebih ekonomis daripada mesin bensin.

Mesin diesel lebih tahan lama dan tidak memerlukan electric igniter. Hal itu berarti bahwa kemungkinan kesulitan lebih kecil daripada mesin bensin.

Momen pada mesin diesel tidak berubah pada jenjang tingkat kecepatan yang luas.

Selain itu, mesin diesel itu sendiri juga masih memiliki kekurangan. Apa saja kekurangan dari mesin diesel itu sendiri?

Reiner menambahkan kekurangannya adalah tekanan pembakaran maksimum hampir 2 kali dari mesin bensin. Hal ini berarti bahwa suara dan getaran mesin diesel lebih besar.

“Suara dan putarannya memang jauh lebih berisik tapi dengan adanya teknologi common rail kebisingan itu jadi lebih berkurang,” ungkap Reiner di sela-sela acara Workshop Teknologi Mesin Diesel di Trainning Center Isuzu, Pondok Ungu, Bekasi, Senin (6/5/2013).

Kekurangan lainnya yakni tekanan pembakarannya lebih tinggi maka mesin diesel harus dibuat dari bahan yang tahan dari tekanan tinggi dan harus mempunyai struktur yang sangat kuat.

Mesin diesel memerlukan sistem injeksi bahan bakar yang presisi. Mesin diesel juga memiliki perbandingan kompresi yang lebih tinggi dan membutuhkan daya yang lebih besar untuk memutar mesin itu sendiri.

 

Leave a Reply

Designed by: inspirasi untuk dunia By Tabanan today